Halaman

Sunday, June 28, 2020

ELEKTROLIT & NON ELEKTROLIT

Jenis Larutan Berdasarkan Daya Hantar Listriknya

Larutan adalah campuran yang homogen antara dua zat atau lebih. Larutan terdiri dari zat terlarut (solute) dan pelarut (solvent). Berdasarkan sifat daya hantar listriknya, larutan dapat dibedakan menjadi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Berdasarkan kekuatan daya hantar listriknya, larutan elektrolit dibedakan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah.

Larutan Elektrolit
Larutan Nonelektrolit
Zat terlarutnya berupa zat elektrolit
Zat terlarutnya berupa zat nonelektrolit
Zat terlarutnya dapat terionisasi
Zat terlarutnya tidak terionisasi
Larutannya menghantarkan listrik
Larutannya tidak menghantarkan listrik
Contoh senyawa: asam, basa, dan garam
Contoh senyawa : gula. urea, alkohol
Derajat ionisasi, 0 <  < 1
Derajat ionisasi, = 0


Elektrolit kuat
Elektrolit lemah
Terionisasi sempurna
Terionisasi sebagian
Derajat ionisasi, = 1
Derajat ionisasi, 0 < < 1
Reaksi berjaaln searah,  HCl → H+   + Cl-
Reaksi berjalan dua arah, HF   H+   + F-
Senyawa : Asam kuat, Basa kuat, dan Garam
Senyawa : Asam lemah, basa lemah, garam

Catatan : Asam Kuat
               HCl, HI, HBr, HNO3, H2SO4, HClO4
               Basa Kuat
               LiOH, NaOH, KOH, RbOH, CsOH, Ca(OH)2, Sr(OH)2, Ba(OH)2


Pengujian Daya Hantar Listrik Larutan

Kriteria
Larutan Elektrolit Kuat
Larutan Elektrolit Lemah
Larutan Nonelektrolit
Nyala Lampu
Terang
Menyala redup/tidak menyala
Tidak menyala/mati
Gelembung gas
Banyak
Sedikit/ tidak ada
Tidak ada



Untuk mengetahui lebih lanjut penjelasan tentang Elektrolit dan non elektrolit, silahkan kunjungi video berikut ini:



Latihan Soal

1.      Berikut beberapa hasil pengujian daya hantar listrik terhadap beberapa air limbah industri beserta nilai derajat ionisasinya.
Limbah Industri
Nyala Lampu
Gelembung Gas
Derajat Ionisasi
K
Nyala redup
Ada
0,30
L
Tidak menyala
Tidak ada
0,00
M
Tidak menyala
Ada
0,20
N
Nyala terang
Ada
1,00
O
Tidak menyala
Tidak ada
0,00
Berdasarkan data tersebut, larutan yang bersifat lemah dan nonelektrolit berturut-turut ditunjukkan oleh….
A.    K dan L
B.     L dan M
C.     M dan K
D.    N dan L
E.     N dan O
2.      Perhatikan beberapa larutan berikut!
1)        H2SO4 0,1 M
2)        Ba(NO3)2 0,2 M
3)        CO(NH2)2 0,05 M
4)        Ca(OH)2 0,05 M
Berdasarkan data tersebut, urutan kekuatan daya hantar listrik dari yang paling lemah adalah….
A.    1 – 4 – 3 – 2
B.     2 – 4 – 1 – 3
C.     2 – 1 – 4 – 3
D.    3 – 4 – 1 – 2
E.     4 – 4 – 2 – 1 
3.     Perhatikan data hasil uji daya hantar listrik terhadap beberapa larutan berikut!

Larutan
Pengamatan
Lampu
Gelembung gas
Nyala
Mati
Banyak
Sedikit
Tidak ada
X
ü   
-
ü   
-
-
Y
-
ü   
-
-
ü   
Z
-
ü   
-
ü   
-
Berdasarkan ilustrasi tersebut, pernyataan berikut yang paling benar adalah . . . .
A.    Larutan Y memiliki derajat ionisasi 0 < α < 1
B.     Larutan Z memiliki derajat ionisasi α = 1
C.     Larutan X memiliki daya hantar listrik lebih kuat daripada Z
D.    Daya hantar listrik larutan Y lebih kuat daripada larutan X
E.     Daya hantar listrik larutan Z lebih lemah daripada larutan Y
4.      Pernyataan yang tidak benar tentang larutan elektrolit adalah….
A.    Larutan elektrolit mengalami peristiwa ionisasi atau disosiasi
B.     Larutan elektrolit dapat mendahantarkan arus listrik
C.    Dalam larutan elektrolit terdapat logam yang dapat dialiri arus listrik
D.    Zat terlarut dalam larutan elektrolit dapat berupa asam, basa, atau garam
E.     Dalam larutan elekrolit terdapat partikel yang bermuatan listrik 
5.      Data percobaan daya hantar listrik sebagai berikut:
Zat
Nyala lampu
Gelembung gas
1
Terang
Banyak gelembung
2
Redup
Banyak gelembung
3
Tidak menyala
Sedikit gelembung
4
Tidak menyala
Tidak ada gelembung
Pasangan yang digolongkan zat elektrolit kuat dan nonelektrolit berturut-turut adalah….
A.       1 dan 4
B.       2 dan 3
C.       2 dan 4
D.       1 dan 2
E.        1 dan 3
6.      Dari suatu eksperimen diperoleh data sebagai berikut!
Bahan
Rumus zat
Nyala lampu
Hidrogen klorida, air
HCl
Terang
Gula, air
C12H22O11
Tidak menyala
Asam cuka, air
CH3COOH
Redup
Kekuatan larutan elektrolit yang sesuai data di atas adalah….
A.    CH3COOH < C12H22O11
B.     C12H22O11 < HCl
C.    C12H22O11 < CH3COOH
D.    HCl < CH3COOH
E.     HCl < C12H22O11 
7.      Larutan di bawah ini yang bukan termasuk larutan elektrolit adalah….
A.       CH3COOH
B.       H3AsO4
C.       CO(NH2)2
D.       Ca(OH)2
E.        NaCl
8.      Jika dilakukan pengujian daya hantar listrik, larutan yang menyebabkan lampu menyala redup dan membentuk sedikit gelembung gas adalah….
A.    Larutan C6H12O6
B.     Larutan CO(NH2)2
C.     Larutan CH3COOH
D.    Larutan NaCl
E.     Larutan KCl
9.      Larutan berikut yang dapat menghantarkan listrik paling baik adalah….
       A.   Larutan CO(NH2)2 0,2 M
     B.   Larutan NH3 0,2 M
     C.  Larutan HCl 0,2 M
     D.  Larutan H2SO4 0,2 M
     E.  Larutan KOH 0,2 M


22 comments:

  1. Mungkin bisa ditambahkan penjelasan tertulisnya juga mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak atas sarannya, penjelasannya ada di video youtubenya pak

      Delete
  2. Wah terimakasih artikelnya mba. Saya jadi inget pelajaran kimia saat praktik bareng guru sekaligus wali kelas saya yang sudah sepuh. Memoriable sekali kimiaa ini

    ReplyDelete
  3. Kebetulan dulu kan aku anak SMK, pelajaran yang diutamakan adalah yang kejuruan. Jadi seperti kimia dan fisika itu tidak terlalu intens. Jadilah saya banyak gak pahamnya, huhu

    ReplyDelete
  4. Waaah nostalgia. Hahaha. Jadi ingat dulu tiap Selasa ada praktikum kimia. Saya suka kimia awalnya karena gurunya. Gurunya bikin kimia itu asik dan akhirnya kita lebih gampang mencernanya.

    ReplyDelete
  5. Dulu sewaktu SMP paling suka belajar Kimia, berlanjut ke SMA pas naik ke kelas XI masuk kelas IPA dan bertemu juha dengan kimia beserta rumus rumusnya.

    Baca artikel kakak, jadi mengingat dulu waktu duduk di bangku sekolah. Dan sebenarnya pelajaran kimia itu asik asal dari kitanya juga bawa enjoy dan mau belajar

    ReplyDelete
  6. Kak..
    Hahaha mau nangis aku baca ginian.
    Seriussss..
    Dulu SMA aku gak suka kimia karena pengenalan awal pelajaran ini dimulai dari guru yang gak mengenalkan kimia dengan menyenangkan. Sehingga kimia selalu jadi pelajaran yang gak aku suka. Padahal harusnya menyenangkan banget kalo udah di lab.
    Sampe akhirnya aku pemilihan jurusan malah dimasukkan ke IPA. Aku lari donk .pengen IPS aja.. hehehe

    ReplyDelete
  7. Ya ampun pelajaran SMA yang saya ngga bisa salah satunya kimia. Kode kode unsur kimia itu bikin pening euyy 😢😢
    Kayak mau nangis kalau udah mau ujian. Btw blognya seruu kak. Jadi kepo sama kimia lagi meskipun udah gabisa ketemu di sekolah hahah.

    ReplyDelete
  8. Wah sudah lupa pelajaran kimia. Itu sudah 20 tahunan yang lalu belajarnya 😂

    ReplyDelete
  9. Eh jadi berasa kembali ke masa sekolah baca soal kimia gini. Ini kalau ditambah gambar yang sedikit berwarna sepertinya akan tambah seru belajarnya kak dan di aku videonya belum nampil

    ReplyDelete
  10. Ya ampun, gak terasa sudah 20 tahun yang lalu terakhir kali belajar kimia. Sudah lupa, padahal termasuk salah satu pelajaran favorit saya. Tapi kalau baca2 lagi mestinya sih inget. Kalau favorit kan pasti masih ada yang nyantol.

    ReplyDelete
  11. Saya jadi ingat nilai KIMIA saya di raport pernah 4, wkwkwkw. Ga tahu kenapa susah banget nyantolnya pelajaran satu ini. Padahal udah belajar dengan sungguh-sungguh pas mau ulangan umum.

    ReplyDelete
  12. berasa sekolah lagi saya pak. hehe... bisa nih pakai buku pintar fisika smp karya saya. sekalian promosi. hehe

    ReplyDelete
  13. Hai Mba Lia... nilai Kimia saya dulu pas SMA 9 terus lohh tp kl disuruh jawab sekarang udah lupa hehe... tentang larutan yaa

    ReplyDelete
  14. Jujur, kimia adalah momok bagi aku sejak SMA. Dulu belum ada YouTube dan blog yang bisa buat acuan... andai saja ada seperti ini yak...

    ReplyDelete
  15. Dulu sempat suka juga dengan kimia, maklum, anak IPA emang sebegitulah kerjaannya. hehe

    ReplyDelete
  16. Wah jadi mau nanya nih, yang viral2 air bisa bikin lampu menyala itu apakah karena mengandung elektrolit?

    ReplyDelete
  17. Hidrogen clorida, natrium clorida (garam), oke lah masih ingat

    CH3COOH, ohmy aku lupa yang bagian ini, hiyaaaa

    ReplyDelete
  18. Jadi flashback inget jaman SMP SMA dulu... Ahhh ternyata aku masih inget materi ini.. Proud. Wkwkw

    ReplyDelete
  19. Duh dah nggak ingat aku sista, aku belajar fisika cuma sampai SMP aja soalnya SMA dah masuk kejuruan hahaha

    ReplyDelete
  20. jadi pengen balik ke masa SMA
    dulu awalnya aku jago kimia
    sampe ganti guru yang ngeselin
    habis itu ga suka kimia

    ReplyDelete
  21. Waah jadi nostalgia pas waktu masih sekolah. Terima kasih mbak sudah mengingatkan lagi tentang apa itu elektrolit.

    ReplyDelete