Halaman

Saturday, June 27, 2020

KEMOLARAN (KONSENTRASI) LARUTAN

Teman-teman kali ini kita bahas tentang kemolaran larutan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kemolaran itu adalah kepekatan atau kekentalan suatu larutan.  

Untuk memudahkan teman-teman mengerti dan memahami tentang kemolaran, kita bahas contohnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:   terdapat dua gelas dimana setiap gelas dilarutkan gula dan air, bedanya pada gelas 1 kita isi 2 sendok gula sedangkan gelas 2 kita isi 8 sendok gula dengan masing-masing gelas ditambah 50 ml air. Setelah gulanya kita larutkan dengan cara pengadukan , menurut teman-teman apa yang membedakan kedua gelas tersebut???

Kalau dilihat dari warna larutannya, gelas yang kedua mempunyai warna larutan lebih kental/pekat dari gelas pertama. Hal ini disebabkan oleh banyaknya gula yang dilarutkan pada gelas yang kedua daripada gelas pertama.

Gula yang dilarutkan tersebut, di dalam kimia disebut sebagai zat terlarut atau solute sedangkan air sebagai pelarut atau solvent. Jadi setiap larutan itu terdiri dari zat terlarut dan pelarut.

Banyak sedikitnya zat terlarut dalam larutan menentukan kepekaran larutan. Semakin banyak zat terlarut dalam larutannya, semakin pekat/kental larutan tersebut.

Dalam kimia, Kemolaran/konsentrasi adalah jumlah mol zat terlarut dalam tiap liter larutannya atau jumlah mmol zat terlarut dalam tiap mL larutan.
Rumus untuk menghitung kemolaran (M) adalah :


Keterangan :  n = mol zat terlarut
                      V  =  volume larutan

Kita bahas contoh perhitungannya dalam kehidupan sehari-hari:
Tentukan kemolaran/kepekatan larutan gula (C12H22O11), jika gula yang dilarutkan sebanyak 34,2 gram dalam 2 liter larutan? (Ar C : 12, O: 16, dan H: 1)


Caranya : 
1)  Menghitung mol zat terlarutnya yaitu gula dengan rumus :

     Mol = mol / Volume



Mr  C12H22O11   =  ( 12 x Ar C ) + ( 22 x Ar H)  +  (11 x Ar O)
                          = ( 12 x 12) + ( 22 x 1 ) + ( 11 x 16)
                          = 342

                






2)      Menghitung kemolaran      
 










Jadi kemolaran/kepekatan dari 34,2 gram gula dalam 2 liter larutan adalah 0,05 M



Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kemolaran (Konsentrasi), silahkan kunjungi video berikut ini:






Latihan Soal
1.      Tentukan kemolaran larutan dari :
        a.       0,01 mol urea dalam 2 liter larutan
        b.      0,1 mol KOH dalam 400 mL larutan
        c.       6 gram urea, CO(NH2)2  dalam 4 liter larutan (Ar H = 1, N = 14, O = 16, C = 12)
        d.      0,4 gram NaOH dalam 200 mL larutan (Ar H = 1, O = 16, Na =23) 
2.      Hitunglah massa zat terlarut yang terdapat dalam 200 mL larutan natrium hidroksida 0,1 M (Ar Na = 23, O = 16, H = 1)

13 comments:

  1. Kalau saja pas SMA kakak jadi guru Kimiaku pasti aku gak akan geleng² hehe dan selalu bahagia masuk kelas.

    ReplyDelete
  2. Dari dulu tuh selalu bingung liat rumus-rumus kayak gini,
    seiring berjalannya waktu mikirnya mungkin akan suka nanti eh ternyata sampe skrg masih aja bingung dan pusing setiap liat rumus dan istilah2 kayak gini 😂

    ReplyDelete
  3. Duh sayang yaaa saya belum ngeblog dan emang belum ada nih era 90-an. Wkwkwk. Sekiranya internet udah booming waktu itu sampai ke desa, pasti menyenangkan banget belajar kimia.

    ReplyDelete
  4. kalau aku membedakannya dengan nyicip larutan gulanya mbak lia, pusiang mamah kalau disuruh ngitung molar di dapur hehe. nice sharing mbak.semoga anak2 SMA banyak berkunjung kesini yaa biar tambah pinter kimianya

    ReplyDelete
  5. Jadi kemolaran itu serupa dengan kepekatan ya. . Baru tahu nich (maklum saya belajar dulu hanya sebatas ingin lulus tanpa mengerti benar artinya)

    ReplyDelete
  6. Gula dengan kadar kepekatan yang tinggi ternyata bisa diukur juga ya. Belajar ilmu kimia sebenarnya memang enak kalau penjelasannya mudah dimengerti, jadi nggak bikin kepala pusing.

    ReplyDelete
  7. Wkwk dulu mah suka sama pelajaran ini, karena suka sama gurunya :) skrg kok udah lupa lagi ya,... Btw kimia emang enak dipelajari, hanya butuh fokus dikit aja insyaallah bisa mengikuti dengan lancar :)

    ReplyDelete
  8. Oleh karenanya saya ga masuk IPA, makin kesini makin pusing ya KIMIA :(

    ReplyDelete
  9. Huu pelajaran Kimia tuh ribet banget ya... tapi kalau gurunya kayak mbak ini pasti saya suka

    ReplyDelete
  10. Topik molaritas ini hobiku dulu, nilai kimiaku tinggi, taoi nggak jadi masuk teknik kimia.

    ReplyDelete
  11. Astagaaa aku udah lupa materi kimia jaman SMAAAAAA... 😄😄😄😄😄 ponakanku harus tau blog ini. Hihi

    ReplyDelete
  12. materi yang harus di sukai anak SMA bidang IPA wajib harus lulus kalo gak, gak pantas masuk IPA wkwk

    ReplyDelete
  13. Pusing wkwkwkwk. Saya dulu gak benci amat sih sama kimia. Suka malah dibanding fisika. Tapi ya udah bertahun-tahun jg gak diinget lagi, wes lali dan pusing wkwkwk. Jadi aku nyimak aja sambil share ke sepupu yg masih pada sekolah, biar pada pinter kimianya hehe

    ReplyDelete