Halaman

Thursday, July 9, 2020

ARTI LAMBANG SIFAT BAHAN-BAHAN KIMIA


Materi yang akan kita bahas kali ini dipelajari anak SMP dan anak SMA kelas X. Hal ini sangat perlu diketahui oleh siswa-siswi sebelum memasuki laboratorium, yaitu tentang arti lambang gambar yang terdapat pada wadah bahan-bahan kimia yang akan digunakan dalam praktikum. Hal ini sangat membantu siswa-siswi terhindar dari bahaya bahan-bahan dari kimia.

Berikut beberapa lambang yang sering digunakan dalam praktikum di laboratorium :



Sedikit cerita pengalaman saya sewaktu masih kuliah.


Ada seorang teman mahasiswa satu kelas mengalami hal yang sedikit membahayakan yaitu pada saat praktikum kimia fisika. Salah satu praktikum yang kita lakukan  yaitu mengencerkan larutan asam sulfat. Asam sulfat (pekat) mempunyai sifat korosif makanya harus disimpan pada lemari asam.  

Saat mahasiswa tersebut mengambil larutan asam sulfat, dia kurang hati-hati sehingga larutan asam sulfat yang diambilnya tumpah terkena rok yang dikenakannya. Dalam waktu singkat rok yang terkena asam sulfat tersebut terbakar (bolong seperti kena putung rokok). Bersyukur mahasiswa tersebut langsung cepat bergerak, sehingga roknya yang terkena asam sulfat cuma sedikit. 

Selama saya melakukan praktikum dengan siswa-siswi saya, puji Tuhan tidak pernah ada masalah karena saya sangat menekankan kepada mereka untuk tetap berhati-hati jika melakukan praktikum. Dan jika mereka ada masalah atau sesuatu yang mereka kurang mengerti, mereka selalu menanyakan terlebih dahulu.


Berikut video penjelasan tentang Arti Lambang Sifat Bahan-Bahan Kimia:





Jadi dengan mempelajari arti lambang bahan-bahan kimia, teman-teman semuanya sudah bisa belajar dengan tenang di laboratorium dan tidak takut lagi jika disuruh sama gurunya untuk membuat larutan/mengambil larutan tertentu serta melakukan praktikum.

No comments:

Post a Comment