Halaman

Saturday, July 11, 2020

ASAM - BASA

Siapa diantara teman-teman yang baca blog ini yang belum pernah mencicipi jeruk nipis??? Kalau belum coba dulu deh ? bagi yang sudah pernah, Bagaimana rasanya???

Atau apakah ada diantara teman-teman sewaktu kecil pernah kepo, bagaimana rasanya sabun mandi batangan? Bagaimana rasanya?

Jeruk nipis, belimbing wuluh, dan cuka merupakan senyawa yang bersifat asam yang sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Teman-teman pasti tahu dong, memberi rasa apa? Pastinya memberi rasa asam.

Keasaman suatu senyawa dapat kita hitung dengan menggunakan pH meter, tinggal masukkan saja alat pH meternya kedalam larutan yang ingin kita ketahui berapa pH (derajat keasamannya).
Pada blog kali ini kita tidak membahas  cara menghitung pH suatu larutan/campuran ya, tetapi yang mau kita bahas adalah pengertian dari asam basa itu apa.

Dalam kehidupan sehari-hari yang kita ketahui untuk membedakan suatu senyawa asam dan basa yaitu dari rasanya bahwa senyawa asam itu terasa asam sedangkan senyawa yang bersifat basa terasa pahit.

Di dalam ilmu kimia, pengertian asam-basa dijelaskan oleh 3 orang ilmuwan, yaitu :

1.      Teori Asam-Basa Arrhenius

Asam  adalah zat yang dalam air melepaskan ion H+. Ion H+ yang membawa sifat asam makanya memiliki rasa asam. Contoh : cuka (CH3COOH)
CH3COOH (aq) → CH3COO- (aq) + H+ (aq)

Basa adalah senyawa yang dalam air dapat menghasilkan ion hidroksi (OH-). Ion OH- yang membawa sifat basa. Contoh Mg(OH)2 (merupakan salah satu senyawa obat maag)
Mg(OH)2 (aq)  → Mg2+ (aq)  + 2OH- (aq)

2.      Teori Asam-Basa Bronsted-Lowry

Asam adalah senyawa yang mendonorkan proton (H+) nya, sedangkan asam yang telah mendonorkan proton (H+) disebut basa konjugasi.

Basa adalah senyawa yang menerima proton (H+) (akseptor), sedangkan basa yang telah menerima proton (H+) disebut asam konjugasi.

Contoh :
CH3COOH (aq) + H2O (l) ↔ CH3COOH2+ (aq) + OH- (aq)
CH3COOH sebagai basa
H2O  sebagai asam
CH3COOH2+ sebagai asam konjugasi
OH-  sebagai basa konjugasi

3.      Teori Asam – Basa Lewis

Asam : akseptor pasangan elektron (pasangan elektron)
Basa : donor pasangan elektron (pasangan elektron)

NH3  +  BF3  →  H3N:BF3
NH3 : basa

BF3  : asam


Berikut beberapa video penjelasan dan pembahasan soal-soal Asam-Basa, yang terdiri dari :
  • Pengertian Asam-Basa

         


  • Cara Cepat Menghafal Asam-Basa Kuat

  • Menghitung pH Asam-Basa

  • Menghitung pH campuran Asam-Basa




Menghitung pH dari persamaan gas ideal



No comments:

Post a Comment