Halaman

Wednesday, July 1, 2020

MENENTUKAN RUMUS KIMIA SENYAWA HIDRAT


Senyawa Hidrat adalah zat padat yang mengikat beberapa molekul air sebagai bagian dari struktur kristalnya.

Contohnya :

1.      Terusi, CuSO4.5H2O : Tembaga (II) sulfat pentahidrat
2.      Gipsum, CaSO4.2H2O : Kalsium sulfat dihidrat
3.      Garam inggris, MgSO4.7H2O  : Magnesium sulfat heptahidrat
4.      Soda hablur, Na2CO3.10H2O : Natrium karbonat dekahidrat

Jika suatu senyawa hidrat dipanaskan, sebagian atau seluruh air kristalnya dapat lepas/menguap.
Contoh :
1.   CaSO4.2H2O  → CaSO4. ½ H2O (s)  + 1 ½  H2O (g)
2.   CuSO4.5H2O  → CuSO4 (s)+  5H2O (g)

Jika suatu hidrat dilarutkan dalam air, maka air kristalnya akan lepas.

CuSO4.5H2O  → CuSO4 (s)+  5H2O (l)


Untuk mengetahui bagaimana cara menentukan rumus kimia senyawa hidrat, silahkan kunjungi video berikut ini:




1.      Sebanyak 1 gram hidrat tembaga (II) sulfat, CuSO4.xH2O, dipanaskan sehingga semua air kristalnya menguap. Massa zat padat yang tertinggal adalah 0,64 gram. Tentukan rumus hidrat senyawa tersebut (Ar H = 1, Cu =63,5 , S = 32, O = 16)
2.      Sebanyak 2 gram hidrat magnesium sulfat MgSO4.xH2O dipanaskan sehingga semua air kristalnya menguap. Massa zat padat yang tertinggal 1, 34 gram. Tentukan rumus hidrat senyawa tersebut (Ar Mg = 24, S=32, O=16, H=1)

14 comments:

  1. Aku ketika kelas X SMA suka banget Kimia, semenjak kelas 11, teori tentang zat-zat adiktif, jadinya pusing sendiri

    ReplyDelete
  2. Walah, makin botak aku kayaknya haha
    Tapi bagi yg suka kimia tentu menyenangkan. Kl aku ga sampe otaknya haha

    ReplyDelete
  3. Vidionya bisa aku bagikan ke keponakanku, nih. Aku dulu sempat jatuh cinta sama kimia. Tapi lama-lama logikaku nggak bisa nyambung, akhirnya kuliah hukum saja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kak video nya dibagikan, masih banyak lagi video2 yang lain yang bisa membantu anak2 sekolah apalagi di tengah pandemi ini yang mengharuskan mereka belajar dari rumah. Terima kasih kak

      Delete
  4. aku tambah oon kak kalau kimia yang ada bengong kesambet setan oon.
    Keren sie kalau suka kimia.

    ReplyDelete
  5. Coba media seperti ini sudah ada semenjak dulu. Aku ga mudeng kalo rumus rumus itung itungan. Apalagi ditambah gurunya dulu ga responsif jadi tbaj ga mudeng.

    Mungkin kita beda aliran hhhhh

    ReplyDelete
  6. Ya Alloh liaaa, aku sedih lho baca ini, aku dari dulu ngga bisa kimia, maaf yaa. Susah banget otakku disuruh mikir kimia, hebat banget deh yang jago kimia apalagi bilang gampang. Semoga anakku nanti suka sama kimia biar mamaknya tenang yaa menjalani hidup heheheh. Aku save urlnya buat anakku. Makasih yaa k lia. Sukses buatmu.

    ReplyDelete
  7. Walaupun saya guru IPA di SMP tapi mengajarkan pelajaran Kimia ke anak-anak rada-rada susah. Makasih videonya yah sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  8. Waduuhh pelajaran yang dulu sempet bikin aku males sekolah nih. Hahahaha. Tapi sekarang jadi pengin belajar lagi. Merasa dulu meyianyiakan waktu. Coba dlu belajar kimia bisa lewat blog kayak gini yaah hahaha. Ketauan banget angkatan berapa aku nii.

    ReplyDelete
  9. Nyerah deh. Sudah lupa pelajaran kimia��

    ReplyDelete
  10. Mba Lia sayangnya mesti nilai Kimia saya 90 tapi penjurusan saya pilih IPS soalnya emang mau masuk fakultas hukum hihi... jd gak mempelajari sampai senyawa hidrat ini

    ReplyDelete
  11. udah lama ga lihat tulisan kalsium sulfat, masyaAllah dah. dulu berdarah2 belajar ini pas SMA. dan kuliah di jurs bioteknologi masih aja ketemu beginiaan walaupun satu semester. semangat mbak semoga postingannya memudahkan para pelajr yaa,,,mungkin bisa dikembangkan dikaitkan sm proses kejadian sehari2 biar lebih menarik trus ditambah gamabr hehe

    ReplyDelete
  12. Saya perlu waktu lebih lama dan penjelasan lebih panjang kalau harus memahami ini. Untungnya saya sudah IRT.... takkan ada pertanyaan semacam ini. Hihihi

    ReplyDelete
  13. Terusi, ini sangat familiar di bidang kerja aku Mas. Terusi adalah bahan utama dalam pembuatan bubur bordeaux untuk penanganan penyakit pohon karet.

    ReplyDelete