Halaman

Thursday, July 9, 2020

RUMUS KIMIA


Hallo semuanya kali ini kita akan bahas tentang Rumus Kimia. Saya sering mendengar bahwa Rumus Kimia ini merupakan salah satu momok (hal) yang membuat banyak orang tidak menyukai kimia karena ribet membaca rumus kimia, harus menghafal banyak rumus kimia, dan banyak alasan lainnya.

Salah satu hal yang dilakukan untuk memudahkan mempelajari kimia yaitu dengan membuat beberapa lambang. Ada beberapa lambang yang kita kenal yaitu : lambang atom/lambang unsur dan lambang senyawa. 

Pertama sekali sebelum kita membahas Rumus Kimia, terlebih dahulu teman-teman harus mengerti/memahami tentang lambang unsur, karena unsur merupakan penyusun dari rumus kimia (lambang senyawa).

Senyawa kimia sering disebut dengan Rumus Kimia. Senyawa Kimia terbentuk melalui Ikatan Kimia. Jadi teman-teman harus memahami Ikatan Kimia  dan Tata Nama Senyawa yah.....


Sekarang kita bahas arti angka - angka yang terdapat pada Rumus Kimia :

1)  Angka yang terdapat dibelakang unsur disebut indeks, yang artinya adalah bahwa angka tersebut menunjukkan jumlah unsur penyusun suatu senyawa. Contoh : senyawa H2SO4 tersusun/terbentuk dari beberapa unsur yaitu unsur H, S, dan O, dimana senyawa tersebut tersusun  dari 2 atom H, 1  atom S (angka 1 tidak perlu ditulis), dan 4 atom O.

2) Angka yang terdapat di depan senyawa disebut koefisien, yang artinya bahwa angka tersebut milik semua unsur yang ada dalam senyawa tersebut dan juga menyatakan jumlah molekul senyawa tersebut. Contoh 2H2CO3, artinya adalah terdapat 2 molekul asam karbonat yang tersusun    dari beberapa unsur yaitu unsur H, C, dan O, dimana senyawa tersebut tersusun dari 4 atom H, 2 atom C, dan 6 atom O ( untuk emnghitung jumlah unsurnya koefisien dikali dengan indeks).

3)  (NH4)2SO4 ( ingat indeks ditulis di bawah unsur yang didepannya, penulisannya tidak setara) seperti (NH4)2SO4 (ini salah). Arti dari rumus kimia ini adalah bahwa senyawa amonium sulfat tersusun dari beberapa unsur yaitu N, H, S, dan O. Arti angka 2 yang terdapat pada rumus kimia adalah milik NH4 yang berarti bahwa terdapat 2 unsur N dan 8 unsur H serta terdapat 1 unsur S dan 4 unsur O.

4)  Senyawa hidrat, MgSO4.7H2O. Tanda titik (.) menyatakan  antara MgSO4 dan H2O bergabung membentuk senyawa hidrat dengan perbandingan 1 : 7, yang artinya 1 molekul magnesium sulfat mengikat 7 molekul air. Rumus kimia ini tersusun dari unsur Mg, S, O, dan H. Terdapat 1 unsur Mg, 1 unsur S, 11 unsur O (4 dalam molekul MgSO4 dan 7 pada molekul H2O), dan 14 unsur H (koefisien) dikali 2 (indeks)). 



Gampang kan cara membaca rumus kimia itu?

Kalau teman-teman tanya nama rumus kimianya, kita tidak bahas disini ya. Silahkan cek di tatanama senyawa.

Berikut ini video penjelasan tentang bagaimana cara membaca dan membuat Rumus Kimia:


No comments:

Post a Comment